Kamis, 08 Maret 2012

[PERS-Indonesia] UNDANGAN PELIPUTAN STATEMENT FORUM JAMIN

 

UNDANGAN PELIPUTAN STATEMENT FORUM JAMIN

Kepada Yth.
Pemimpin Redaksi/Koordinator Liputan/Journalist
Media Cetak & Elektronik
Di Tempat


Salam Independen,

Surat edaran no 100/EDA/II/2012 telah memerintahkan anggota PPS yang berjumlah rata-rata tiga orang tiap kelurahan untuk melakukan verifikasi faktual dengan ketat bagi seluruh pendukung bakal calon dari jalur perseorangan. Surat tersebut membuat beban para petugas PPS di lapangan semakin berat , selain karena biaya operasional yang lambat, luas wilayah kerja mempengaruhi kualitas verifikasi faktual yang dilakukan oleh Petugas.

Selain itu, terdapat masalah teknis perpanjangan KTP yang dialami oleh seluruh warga Jakarta. Masalah itu berkaitan dengan program E-KTP yang tengah dilakukan. Beberapa warga yang mendukung dan tanggal berlaku KTP nya telah lewat, menyatakan sulit untuk mendapatkan KTP yang baru karena kelurahan tidak lagi melayani pembuatan KTP secara manual. Berbagai kelurahan menyarankan mereka menunggu undangan untuk membuat KTP elektronik.
 
Dalam proses verifikasi faktual, tidak seluruh dukungan dari pendukung calon independen memiliki keluluasaan waktu untuk menunggu atau mendatangi tempat verifikasi.  Mereka yang bekerja sebagai pekerja formal memiliki keterbatasan waktu . Mereka yang bekerja informal pun tidak berarti memiliki waktu yang luang. Contoh kasus, di Kep.Seribu, banyak pendukung adalah nelayan. Mereka tengah berlayar mencari ikan ketika petugas PPS datang melakukan survei. Hak mereka lantas hilang karena mereka tidak dapat hadir menemui petugas PPS.
 
Terbatasnya waktu, besarnya beban kerja dan kendala teknis, seharusnya tidak boleh membatasi atau membatalkan hak-hak sipil dan politik warga negara. Petugas pelaksana pemilihan kepala daerah di Jakarta perlu lebih sensitif dan memahami persoalaan wargany. Negara berkewajiban menjamin hak-hak sipil dan politik warga  secara maksimal agar dapat berpartisipasi dalam demokrasi. Tindakan Negara atau secara khusus pelaksana pemilihan kepala daerah yang membiarkan hak-hak tersebut tidak dapat dilaksanakan secara maksimal oleh warga bisa dikategorikan sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia.
 
Oleh sebab itu, kami mendukung setiap tindakan dari negara atau penyelenggara pemilihan kepala daerah terus mengupayakan dan mendorong serta memfasilitasi warga Jakarta untuk menggunakan haknya sebagai warga negara dan hak politiknya secara demokratis.
 
Kami berharap bahwa KPUD dapat mengesahkan dukungan warga dengan KTP yang kadaluwarsa yang berarti bahwa hak warga negara menjadi tidak hilang hanya dengan telatnya mengurus KTP dan tidak serta merta menggugurkan dukungan orang yang tak hadir dalam proses verifikasi atau gagal ditemui oleh PPS.

Berdasarkan beberapa persoalan yang terurai di atas, Jaringan Masyarakat Independen (JAMIN) berusaha untuk terus menyuarakan hak konstitusi warga Jakarta bagi terciptanya keikutsertaan calon independen. Karenanya, kami akan mengajak sejumlah tokoh masyarakat untuk ikut menyuarakan niat tersebut, pada acara Statement Forum, bertajuk: "Selamatkan Hak Konstitusi Warga Jakarta untuk Calon Independen", pada:

Waktu             : Jum'at, 9 Maret 2012, Pkl 13.00 WIB (didahului makan siang)
Pembicara    : Teten Masduki, Yunarto Wijaya, Eep Saefulah Fatah, Ray Rangkuti*, Wimar Witoelar*, dan Sukardi Rinakit*
Tempat           : Ayam Goreng Ny. Suharti
Alamat           : Jl. Kapt. Tendean No. 13, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Demikian Undangan Peliputan ini dibuat. Kami berharap Sahabat Media bisa hadir untuk ikut menentukan masa depan Jakarta. Terima kasih atas perhatian dan responnya.



Jakarta, 8 Maret 2012
Jaringan Masyarakat Independen





EFFENDI GAZALI
Koordinator




*) Masih dalam konfirmasi
CP - 0817 005 3663

__._,_.___
Recent Activity:
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Milis Pers Indonesia
Powered by : http://www.GagasMedia.com
GagasMedia.Com Komunitas Penulis Indonesia
Publish Tulisan Anda Disini !

Khusus Iklan Jual-Beli HP/PDA
Ratusan Game/Software HP Gratis
http://www.mallponsel.com

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar